5.1.
Menyelesaikan masalah tentang pola bilangan.
1. Diketahui
pola bilangan Fibonanci 1,
1,… , …. , .… maka tiga suku berikutnya
adalah ....
a.
2, 3, 4 c.
1, 3, 4
b.
1, 3, 5 d. 2, 3, 5
2.
Pola bilangan 1, 3,
6, 10,… merupakan pola bilangan ….
a.
Segitiga c.
persegi
b.
Persegi panjang d.
Segitiga Pascal
3.
5.2. Menentukan suku ke-n suatu barisan.
6.
Diketahui barisan bilangan 3, 7, 11, 15, . . . Rumus suku ke-n dan
barisan bilangan tersebut adalah . . .
a.
n = 4n+
7 c.
n = 4n – 1
b.
n = 4n - 7
d.
n = 4n + 1
7.
Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 5, 8, 11, 14, 17, . . . adalah .
. .
a.
n =
3n + 2 c.
n = n + 4
b.
n = 2n + 3 d.
n = 6 – n
8.
Suatu barisan bilangan memiliki rumus
n = 3n – 2. Nilai
9 adalah . . .
a. 25 c. 30
b. 27 d. 35
9.
Rumus suku ke-n dari
barisan bilangan 1, 2, 4, 8, … adalah ….
a.
n = 2n c.
n = 2n - 1
b.
n = 2n-1 d.
n = 2n – 1
10. Disajikan barisan bilangan 7, 16, 25, 34,…. Suku ke-19 dari barisan
bilangan tersebut adalah ….
a. 160 c. 169
b.
164 d.
171
5.3.
Menyelesaikan masalah
berkaitan barisan bilangan aritmetika atau barisan geometri.
11.
Dalam ruang pertemuan
terdapat kursi dengan susunan baris terdepan berjumlah 15 kursi,baris kedua 18
kursi dan seterusnya kebelakang selalu bertambah 3 kursi sampai baris terakhir.
Bila banyaknya kursi pada baris terakhir ada 30 buah, maka banyak baris kursi adalah …
a.
7 baris c.
5 baris
b.
6 baris d.
4 baris
12. Dalam gedung pertemuan
ada 27 baris kursi, barisan paling depan berjumlah 12 buah kursi, baris ke-2
ada 15 buah kursi, baris ke-3 ada 18 buah kursi, dan seterusnya. Maka banyak
kursi pada barisan tengah‑tengah ada ....
a. 48 buah c. 54 buah
b. 51 buah d. 57 buah
13. Sebuah gelas tingginya
10 cm. Jika dua gelas ditumpuk tingginya menjadi 12 cm, tiga gelas ditumpuk
tingginya 14 cm dan seterusnya. Maka tinggi tumpukan 10 gelas adalah ......
a. 30 c.
24
b. 28 d.
12
14.
Di aula sekolah terdapat 12 baris kursi
yang diatur pada setiap baris mulai dari yang terdepan dan berikutnya selalu
bertambah 5 kursi. Jika banyak kursi paling belakang 62 kursi, maka banyaknya
kursi pada baris terdepan adalah ...
a. 7 buah c. 11 buah
b. 9 buah d. 13 buah
15.
Barisan bilangan pada nomor jalan
Hasanudin di suatu kota bermula dari nomor
327, 329, 331, 333, ...
Pada blok yang sama, nomor rumah 359
terletak pada urutan ke ...
a. 5 c. 17
b. 15 d. 34
5.4.
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan deret aritmetika dan deret geometri.
16.
Dalam aula suatu sekolah terdapat 11 kursi pada baris
pertama dan setiap baris berikutnya memuat dua kursi lebih banyak dari kursi di
barisan depannya. Jika terdapat 8 baris kursi , maka banyak kursi dalam aula seluruhnya
adalah ....
a. 144 buah c.
132 buah
b. 136
buah
d. 120 buah
17.
Bu Firda menata mangkuk di atas
meja. Banyaknya mangkuk pada baris pertama 20 buah, banyaknnya mangkuk pada baris
berikutnya selalu berkurang 3 buah dari baris didepannya. Jika terdapat 7 baris
mangkuk maka jumlah mangkuk seluruhnya adalah ....
a. 44 buah c. 66 buah
b. 55 buah d.
77 buah
18.
Sebuah bakteri setiap 2 menit mampu
membelah diri menjadi dua. Jika semula terdapat 10 bakteri, setelah10
menit jumlah bakteri seluruhnya
adalah...
a.
224 c. 310
b.
230 d. 333
19.
Seutas tali dipotong menjadi 6 bagian
dengan panjang membentuk barisan geometri. Jika potongan tali yang terpendek 4
cm dan terpanjang 972 cm, maka panjang tali semula adalah .... cm.
a.
456 c. 1.456
b.
1.274 d.
2.912
20.
Sehelai kertas dipotong menjadi 2
bagian, kemudian potongan kertas tadi ditumpuk dan dipotong kembali menjadi 2
bagian dan seterusnya. Jika tebal sehelai kertas 0,05 cm, maka tebal tumpukan
kertas setelah 20 kali potong adalah .... cm.
a.
0,05 x 220 c. 0,1
x (219 – 1)
b.
0,05 x 221 d. 0,1 x (220 – 1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar