Rabu, 05 Februari 2014

SKL 1.5. Matematika




5.1. Menyelesaikan masalah tentang pola bilangan.



1.      Diketahui pola bilangan Fibonanci  1, 1,, …. , .… maka tiga suku berikutnya adalah ....
a.       2, 3, 4                                                        c. 1, 3, 4
b.      1, 3, 5                                                        d. 2, 3, 5

2.      Pola bilangan 1, 3, 6, 10,… merupakan pola bilangan ….
a.       Segitiga                                                     c. persegi
b.      Persegi panjang                                         d. Segitiga Pascal

3.  

5.2.  Menentukan suku ke-n suatu barisan.



6.      Diketahui barisan bilangan 3, 7, 11, 15, . . . Rumus suku ke-n dan barisan bilangan tersebut  adalah . . .
a.    n = 4n+ 7                                     c. n = 4n – 1            
b.    n = 4n - 7                                    d. n = 4n + 1

7.      Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 5, 8, 11, 14, 17, . . . adalah . . .
a.    n = 3n + 2                                   c. n = n + 4
b.    n = 2n + 3                                    d. n = 6 – n

8.      Suatu barisan bilangan memiliki rumus n = 3n – 2. Nilai 9 adalah . . .
a.    25                                                    c. 30
b.    27                                                    d. 35   
                       
9.      Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 1, 2, 4, 8, … adalah ….
a.    n = 2n                                          c. n = 2n - 1
b.   n = 2n-1                                          d. n = 2n – 1

10.  Disajikan barisan bilangan 7, 16, 25, 34,…. Suku ke-19 dari barisan bilangan tersebut adalah ….
a. 160                                                    c. 169
b.   164                                                   d. 171

5.3.    Menyelesaikan masalah berkaitan barisan bilangan aritmetika atau barisan geometri.



11.     Dalam ruang pertemuan terdapat kursi dengan susunan baris terdepan berjumlah 15 kursi,baris kedua 18 kursi dan seterusnya kebelakang selalu bertambah 3 kursi sampai baris terakhir. Bila banyaknya kursi pada baris terakhir ada 30 buah,  maka banyak baris kursi adalah …
a.    7 baris                                              c. 5 baris          
b.    6 baris                                              d. 4 baris

12.     Dalam gedung pertemuan ada 27 baris kursi, barisan paling depan berjumlah 12 buah kursi, baris ke-2 ada 15 buah kursi, baris ke-3 ada 18 buah kursi, dan seterusnya. Maka banyak kursi pada barisan tengah‑tengah ada ....
a.    48 buah                                           c.  54 buah
b.    51 buah                                           d.  57 buah

13.     Sebuah gelas tingginya 10 cm. Jika dua gelas ditumpuk tingginya menjadi 12 cm, tiga gelas ditumpuk tingginya 14 cm dan seterusnya. Maka tinggi tumpukan 10 gelas adalah ......
a.    30                                                    c. 24               
b.    28                                                   d. 12
14.     Di aula sekolah terdapat 12 baris kursi yang diatur pada setiap baris mulai dari yang terdepan dan berikutnya selalu bertambah 5 kursi. Jika banyak kursi paling belakang 62 kursi, maka banyaknya kursi pada baris terdepan  adalah ...
a. 7 buah                                              c. 11 buah
b. 9 buah                                              d. 13 buah                                                                              
15.     Barisan bilangan pada nomor jalan Hasanudin di suatu kota bermula dari nomor  327, 329, 331, 333, ...
Pada blok yang sama, nomor rumah 359 terletak pada urutan ke ...
a. 5                                                       c.  17
b. 15                                                    d. 34

5.4.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan deret aritmetika dan deret geometri.



16.     Dalam aula suatu sekolah terdapat 11 kursi pada baris pertama dan setiap baris berikutnya memuat dua kursi lebih banyak dari kursi di barisan depannya. Jika terdapat 8 baris kursi , maka banyak kursi dalam aula seluruhnya adalah ....
a. 144 buah                                          c. 132  buah
b. 136 buah                                         d. 120  buah

17.     Bu Firda menata mangkuk di atas meja. Banyaknya mangkuk pada baris pertama 20 buah, banyaknnya mangkuk  pada baris berikutnya selalu berkurang 3 buah dari baris didepannya. Jika terdapat 7 baris mangkuk maka jumlah mangkuk seluruhnya adalah ....
a. 44 buah                                            c. 66 buah
b. 55 buah                                           d. 77 buah

18.     Sebuah bakteri setiap 2 menit mampu membelah diri menjadi dua. Jika semula terdapat 10 bakteri, setelah10 menit  jumlah bakteri seluruhnya adalah...
a.    224                                                  c. 310
b.    230                                                  d. 333

19.     Seutas tali dipotong menjadi 6 bagian dengan panjang membentuk barisan geometri. Jika potongan tali yang terpendek 4 cm dan terpanjang 972 cm, maka panjang tali semula adalah .... cm.
a.    456                                                  c. 1.456
b.    1.274                                               d. 2.912

20.     Sehelai kertas dipotong menjadi 2 bagian, kemudian potongan kertas tadi ditumpuk dan dipotong kembali menjadi 2 bagian dan seterusnya. Jika tebal sehelai kertas 0,05 cm, maka tebal tumpukan kertas setelah 20 kali potong adalah .... cm.
a.    0,05 x 220                                        c. 0,1 x (219 – 1)
b.    0,05 x 221                                                     d. 0,1 x (220 – 1)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar