Senin, 16 Desember 2013

DIKLAT MATEMATIKA KURIKULUM 2013

A. Tujuan Umum Pelatihan
     Tujuan Umum Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.
    1. Guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, 
        dan penilaian Kurikulum 2013.
    2. Kepala sekolah mampu mengerahkan sumber daya yang dimiliki dalam rangka menjamin 
        keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013.
    3. Pengawas sekolah mampu memberikan bantuan teknis secara benar kepada sekolah dalam mengatasi 
        hambatan selama implementasi Kurikulum 2013.
B. Kompetensi Inti Peserta yang Harus Dicapai
    Berdasarkan Indikator Ketercapaian Tujuan, maka berikut ini kompetensi inti yang harus dicapai peserta  
    setelah mengikuti pelatihan.
  1. Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima Kurikulum 2013.
  2. Memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
  3. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (rasional, elemen perubahan, SKL, KI dan KD, serta strategi implementasi).
  4. Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
  5. Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
  6. Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
  7. Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
  8. Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian autentik dengan benar.
  9. Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.
C. Hasil Kerja Peserta Selama Pelatihan
     Setelah selesai mengikuti pelatihan, guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah mampu mewujudkan 
     hasil kerja secara kolektif berikut ini.
  1. Analisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
  2. Analisis buku siswa dan buku guru untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
  3. Contoh RPP untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
  4. Contoh instrumen penilaian untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.